Media Evaluasi Belajar Mengunakan QUIZIZZ Bagi Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Hermansyah Hermansyah Universitas Samawa
  • Wahidah Priscillah Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i1.141

Keywords:

Media Evaluasi, QUIZIZZ, Hasil Belajar

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan diupayakan dengan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap proses pembelajaran dapat dilihat dari perubahan yang terjadi dari keadaan sebelumnya. Penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Instrumen untuk mencapai hasil belajar harus memperhatikan perkembangan dan kemampuan siswa. Sebagian besar guru menggunakan Penilaian dalam bentuk tes tertulis. Dengan adanya penggunaan tes siswa kurang terkesan sehingga hasil belajar siswa rendah. Quizizz merupakan salah satu alternatif untuk melakukan penilaian yang menyenangkan, dan akuntabel serta data penilaian dapat diketahui secara real time sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0. Menggunakan Quizizz akan memotivasi tingkat berpikir anak menjadi lebih menyenangkan dan santai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Sumbawa yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari 48% menjadi 85%, artinya terjadi peningkatan persentase sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz dalam penilaian pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Sumbawa Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Ashari, M. K., Athoillah, S., & Faizin, M. (2023). Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi pada Sekolah Menengah Atas di Era Digital: Systematic Literature Review. TA DIBUNA Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 132–150. https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.132-150

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Basyith, A., & Fauzi, F. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Menggunaan Quizizz Pada Bimbingan Belajar Al Hikmah Palembang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.47747/jnpm.v3i1.928

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. JURNAL BIOLOKUS, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogia Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 70–73. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v12i2.2937

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP. Semantik, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Lusiani, L. (2020). Penggunaan Aplikasi Online Quizizz dalam Menganalisis Hasil Tes Kognitif Siswa pada Materi Energi. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 15–23. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1637

Masitoh, D. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(01), 57–61. https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.4004

Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 803–811. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.436

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1845

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? HELPER Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

SIMANJUNTAK, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310

Downloads

Published

2024-06-30
Abstract viewed = 82 times